Senin, Maret 23, 2009

Profil ARIMATEA


FORUM ARIMATEA
Forum Advokasi, Rehabilitasi, Imunisasi Aqidah yang Terpadu, Efektif, dan Aktual

APA MISI UTAMA FORUM ARIMATEA ?

  1. Menjelaskan Islam (berdakwah) kepada non Muslim. (QS. An-Nahl: 125, Ali-Imran: 64, Al-Maidah: 19, Al-A’raaf: 2, dll.).

  2. Pusat Riset dan Studi Lintas Agama, khusus untuk mengimbangi berbagai gerakan agama lain terhadap aqidah umat Islam. (QS. Al-Baqarah: 109&120, Al-Furqan: 52, dll.).

MENGAPA NAMANYA DISINGKAT MENJADI TIDAK ISLAMI?
Karena obyek dakwah
FORUM ARIMATEA, dan sekaligus yang mengganggu aqidah umat Islam adalah non muslim (khususnya Zionis dan Salibis), maka secara psikologis penamaan organisasinya disesuaikan dengan paradigma mereka tentang Islam. Sebab mereka akan sulit didekati dengan tampilan sangat Islami yang selalu dikaitkan dengan aliran keras. (Paradigma; Islami=aliran keras)

BAGAIMANA BENTUK KONGKRIT DAKWAHNYA?

  1. Berdialog Terbuka di hadapan kedua belah pihak umatnya->Sudah dilakukan puluhan kali di berbagai wilayah, bisa dilihat dari produk VCD Arimatea

  2. Membagikan berbagai alat dakwah kepada non muslim->Ribuan Al-Qur’an yg sudah diberikan indek, Makalah, Buku, VCD, dll

  3. Dan berbagai cara lainnya->Orasi Islam, penanganan kasus pemurtadan, kunjungan ke komunitas non Muslim, mengirim surat ajakan masuk Islam, dll.

MENGAPA ARIMATEA BERBENTUK FORUM, BUKANKAH FORUM ARIMATEA INI PERGERAKANNYA BERSIFAT NASIONAL DAN AKAN GO INTERNASIONAL?
Karena :
1. SDM
FORUM ARIMATEA gabungan dari banyak unsur/latar belakang
2. Agar
FORUM ARIMATEA tidak disebut/dicurigai sebagai kelompok baru, yang akan merebut jamaah
3. Lebih mudah masuk keberbagai golongan/organisasi untuk sosialisasi musuh/obyek dakwah bersama
4. Lebih fleksibel, karena tidak diatur dalam undang-undang.

APA BENTUK DAN JENIS LEMBAGA DI BAWAH PAYUNG FORUM ARIMATEA (LEMBAGA SUB-ORDINASI)?
LEMBAGA SUB-ORDINASI
FORUM ARIMATEA:
1. Lembaga Dakwah
2. Relawan Aqidah
3. Satelit Aqidah
4. FKKP (Forum Komunikasi Korban Pemurtadan)
5. Lembaga Bantuan Hukum (LBH)
6. ARIMATEA kampus
7. Jaringan TV Lokal (Jaringan Syiar TV)
8. Pendidikan Da’i Lintas Umat

SIAPA PENDIRI ARIMATEA PERTAMA KALI DI JAKARTA ?
1. Ust. Abujamin Roham (Muhammadiyah)
2. Ust. Ramly Nawai (DDII)
3. Ust. Risman Muhtar (Muhammadiyah)
4. Diki Candra (Umum/Profesional)

KAPAN FORUM ARIMATEA BERDIRI?
Masa riset, penelitian, investigasi (Sebelum ARIMATEA berdiri); Oktober 2002 – Juni 2003 -> FORUM ARIMATEA didirikan; 11 Agustus 2003

APAKAH FORUM ARIMATEA MEMILIKI VISI JAUH KEDEPAN DAN BAGAIMANA MASTER PLANT?
FASE I ; 2003-2006 : FASE PEMBENTUKAN (Pengenalan, pembentukan perwakilan)
FASE 2 ; 2007-2010 : FASE PEMBINAAN (Pembinaan SDM, sistem, dll)
FASE 3 ; 2011-2014 : FASE REALITA PENYEIMBANG(Menjadi imbangan lemb misi)
FASE 4 ; 2015-2018 : MENJADI GERAKAN AKTUAL (Konsisten dgn perkembangan
FASE 5 ; 2019-2022 : MENCAPAI VISI-MISI

SAMPAI AKHIR TAHUN 2007, FORUM ARIMATEA SUDAH ADA PERWAKILAN DI 54 KOTA

BERBAGAI PENEMUAN APA SAJA YANG TELAH ARIMATEA DAPATKAN, SEHINGGA BISA MENJADI BAHAN INFORMASI KE UMAT?
1. DALAM BERBAGAI BENTUK PRESENTASI ILMIAH DARI BERBAGAI PENEMUAN DILAPANGAN :

TEMA I ; GERAKAN GEREJA 2005-2020 (Gerakan Penuaian Jiwa di Akhir Zaman)
TEMA 2 ; ISLAM PENYUMBANG DANA BESAR GERAKAN PEMURTADAN
TEMA 3 ; TITIK KEKUATAN GERAKAN KRISTENISASI DI WILAYAH INDONESIA
TEMA 4 ; MENGAPA PARA LULUSAN SARJANA ISLAM/SANTRI/AKTIFIS BISA MURTAD
TEMA 5 ; PERGERAKAN LASKAR KRISTUS MENYONGSONG AKHIR ZAMAN
TEMA 6 ; HIDDEN MISSION
TEMA 7 ; 5 GERAKAN RAHASIA SALIB TERKINI
TEMA 8 ; AGRESIFITAS INTELIJEN SALIB VS KEKOSONGAN INTELIJEN ISLAM
TEMA 9 ; YESUS YANG DINANTIKAN=DAJJAL VS ANTIKRIS=NABI ISA AS
TEMA 10; KEBANGKITAN ISLAM VERSI KRISTOLOG
TEMA 11; LIMA PERISTIWA BESAR DI THN 2020
TEMA 12; DAN PULUHAN TEMA-TEMA LAINNYA SELAIN DARI ITU FORUM ARIMATEA SUDAH MENYAMPAIKAN KE UMAT DALAM BENTUK VCD, ANTARA LAIN BERJUDUL :

SELAYANG PANDANG

Pertama kali mendengar nama Arimatea, lengkapnya Forum Arimatea, pikiran kita langsung tertuju pada gerakan seminari atau kristenisasi yang tengah gencar terjadi di tanah air. Akan tetapi, Arimatea yang dimaksud di sini adalah sebuah forum milik umat Islam di Indonesia yang bergerak di bidang dakwah khusus kepada umat lain, memotong gerakan penggerogotan aqidah.

Nama tersebut diambil bukan bermaksud untuk berkamuflase sebagaimana halnya gerakan pemurtadan yang tengah marak dengan memakai nama-nama Islam. Arimatea adalah sebuah singkatan kata dari Advokasi, Rehabilitasi, Imunisasi Aqidah yang Terpadu, Efektif, dan Aktual.

Hal ini dilakukan karena menurut pandangan Forum Arimatea bahwa perlu diinformasikan kepada non Islam tentang agama yang lurus dan sesuai dengan fitrah. Mengingat bahwa Islam adalah agama yang universal, yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan umat, mengajarkan kedamaian dan keadilan, sehingga informasi ini setidaknya mengundang simpati pemeluk agama lain untuk lebih memperdalam bahwa Islam membawa kesejukan.

Untuk menyampaikan sebuah tujuan, tidaklah mungkin dilakukan sendirian tanpa struktur dan organisasi. Untuk itu, Arimatea menjadi sebuah organisasi yang bersifat terbuka, struktur kepengurusannya terdiri dari berbagai elemen masyarakat bahkan tidak sedikit dari para muallaf yang tergugah untuk bergabung bersama.

Secara bertahap namun pasti dan dengan langkah yang teratur, organisasi ini dibagi dalam tiga kekuatan: berdakwah langsung, organisator, dan penggerak ekonomi.

Setiap perjuangan tidak pernah luput dari kendala baik dari luar maupun dalam, namun demikian dialog yang dibuka selama ini terbukti mendapat sambutan baik. Obyek dakwah kristiani bersedia hadir dalam berbagai acara Arimatea dan bahkan menerima dengan baik berbagai alat dakwah yang dibagi oleh Arimatea.

Alhamdulillah tidak sedikit yang mulai paham Islam, bahkan sudah hampir menuai hasil dengan semakin banyaknya umat Nashrani yang kembali ke jalan fitrah menjadi muslim, melalui pensyahadatan di Arimatea.” Tutur salah seorang pengurus cabang Yogyakarta

Di Malang, forum ini bermarkas di pusat kota, tepatnya di Jln. Bendungan Sigura-gura 10, Kompleks Masjid Muhajirin Lt.3, Sumbersari, Malang, menginduk pada kepemimpinan Pusat di Jln. Malaka Raya, Jakarta Timur yang diresmikan pada tanggal 16 Agustus 2003. Pembagian wilayah yang menginduk pada pimpinan pusat ini dilakukan untuk menyelaraskan jalannya agenda dengan baik, selain itu struktur organisasi seperti ini bisa diterapkan subsidi silang dalam pendanaan berbagai macam kegiatan disamping menggugah dan mengetuk hati nurani para dermawan.

LATAR BELAKANG

Bermula dari keprihatinan prosentase pertumbuhan umat Islam yang kurang sehat di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini sebagaimana diungkapkan BPS (Badan Pusat Statistik), sebagai contoh Sulawesi Tenggara mengalami penurunan 1,88% dalam kurun waktu 10 tahun. Demikian juga di Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan daerah-daerah lain. Berbagai upaya telah dilakukan orang kafir untuk mencegah umat Islam menjadi yang terunggul dalam berbagai hal. Seperti, dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, bahkan teknologinya sekalipun.

Mereka melihat dan merasakan bahwa Islam adalah ancaman. Sebuah kekhawatiran yang muncul karena dihantui oleh opini-opini yang mereka ciptakan sendiri terhadap Islam. Islam adalah teroris, Islam adalah keterbelakangan, Islam adalah penghambat dan sebutan-sebutan lainnya yang sangat menyakitkan padahal paradigma yang demikian itu tidak benar.

Menurut data Arimatea, sampai pada akhir tahun 2000 prosentase umat kristen di Indonesia meningkat secara mengkhawatirkan, dipaparkan antara lain dari laporan hasil riset organisasi kristen dunia, Global Evangelization Movement Database, pertumbuhan umat kristen di Indonesia telah mencapai lebih dari 40 juta jiwa.

Selain itu, dalam seminar kerjasama Global Mission dan Galilea Ministry di Hotel Sangrila Jakarta , pada tanggal 9-12 Juni 1998. Pdt. Dr. George Anatore dari The Lord Family Church, memresentasikan bahwa akan dijadikan pusat perkembangan kristen Asia Pasifik.

Selanjutnya, dalam mengantisipasi dakwah umat lain, organisasi dakwah Islam pada umumnya memiliki kemampuan terbatas pada pembentengan aqidah saja, yang bersifat pemagaran, sementara itu gerakan kristenisasi dan pemurtadan lainnya telah mengupayakan beragam cara seperti kamuflase penyebaran agama berkedok Islam kepada khalayak awam, seperti penulisan kaligrafi ayat-ayat Injil, pemutaran Qori’ Injil seolah seperti ayat Al-Qur’an, penyebaran brosur-brosur tanpa identitas bahkan hipnotis sekalipun, dan cara-cara yang lain seperti yang sudah biasa ditempuh di perkampungan, yang berkedok bantuan sosial, seperti sembako, pengobatan gratis, dan lain-lain. Seperti kita ketahui, bahwa target mereka adalah kantung-kantung kemiskinan dan keterbelakangan. Mereka telah membeli aqidah dengan supermie, beras, dan kebutuhan pokok lainnya.

Kenyataan menunjukkan bahwa upaya penghancuran terhadap umat Islam di berbagai bidang – tak terkecuali aqidah – terus berlangsung, sejak masa Rasulullah Muhammad SAW hingga sekarang, dan dapat dipastikan sampai akhir jaman nanti.

Pemurtadan adalah salah satu cara yang mereka gunakan untuk menarik sebanyak mungkin pengikut. Tentu saja hal itu dipicu juga oleh sebuah kenyataan akan konflik yang terjadi sejak pecahnya Perang Salib, Penjajahan Belanda, perebutan di berbagai bidang: Sosial, Politik, dan Pendidikan, serta tidak lepas dari persaingan mendasar, terutama di bidang Ekonomi. Dan yang mencolok terjadi di tanah air yang mayoritas penduduknya Islam ini, adalah kristenisasi.

Terdorong belum adanya organisasi dakwah Islam yang secara khusus memiliki misi untuk membuat gerakan penyeimbangan atas berbagai gerakan misi yang sangat kuat dari pihak lain, khususnya umat kristen. Untuk itu didirikanlah Forum ARIMATEA yang didirikan sebagai pusat untuk mengkaji dan memotong gerakan kristenisasi di tanah air bergerak di bidang investigasi, advokasi, dan kordinasi bermacam-macam aktivitas yang berkaitan dengan gerakan anti pemurtadan.

BENTUK DAN KEGIATAN DAKWAH

Dari berbagai acara yang melibatkan umat kristen dalam rangka dakwah, arimatea selalu memegang teguh prinsip Islam untuk menegakkan nilai-nilai kebenaran, kedamaian, dan keadilan.

Kegiatan yang telah diselengarakan antara lain secara intern dan ekstern, training kristologi Islam. Selanjutnya untuk mendukung aktivitasnya, forum juga mengedarkan leaflet dan brosur-brosur serta buku-buku yang terkait dengan kristologi. Forum ARIMATEA mempertahankan gerakan positif di hadapan obyek dakwah (umat lain), namun kepada mereka yang dzalim, dikeluarkan VCD yang membongkar kebohongan 4 pendeta yang mengaku mantan ustadz, menerbitkan VCD tentang Fakta dan Data Gerakan Salibiyyah yang dinformasikan kepada umat.

Metode/media dakwah yang dilakukan ini melalui serangkaian penelitian yang memakan waktu kurang lebih satu tahun, antara lain dalam uji coba tersebut dengan membagikan VCD tentang mukjizat Al-Qur’an, tentang fakta empat kaum yang dimurkai Allah dalam Al-Qur’an, VCD kebenaran Nubuat Muhammad. Selain dalam bentuk visualisasi juga dalam bentuk tulisan yang telah disesuaikan dengan karakteristik umat kristiani, seperti tulisan tentang; Mukjizat Yesus dan Muhammad, Meluruskan persepsi tentang Islam, Yesus dalam Al-Qur’an dan Muhammad dalam al-Kitab dan lain-lain.

Metode lain yang ditempuh memang membutuhkan keberanian dan pengetahuan yang baik mengenai Islam dan seluk-beluk kristen, hal ini akan bermanfaat ketika berdialog langsung secara terbuka. Pendekatan langsung secara pribadi (tertutup) juga perlu dilakukan, sebagai tindak lanjut dan yang lebih berat adalah memberikan pembelaan saat mendapat perlakuan dzalim atau aniaya.

Saat uji coba di mulai dengan berbagai keterbatasan ilmu, pengalaman dan minimnya tim. Namun demikian, secara mikro Arimatea telah mengukir prestasi yang menakjubkan, sebagai contoh adalah mengislamkan seorang penginjil dari Bandung melalui jalan dialog, menggoyahkan seorang pendeta muda melalui dialog yang saat ini telah keluar dari pelayanan gereja dan tinggal dengan salah satu pengurus Arimatea Pusat. Meyakinkan kebenaran Islam kepada dua intelektual Kristiani, seorang diantaranya lulusan pasca sarjana bidang Theologi, dan lain-lain.(FA-Mlg)


9 komentar:

  1. Hj. Irena Handono melaporkan Diki, Habib Muhsin, dan Imam Safari ke Mabes POLRI atas Fitnah yang disebarkan Arimatea melalui Internet. Semoga ketiganya dihukum setimpal!

    BalasHapus
  2. Semoga orang orang yang tertipu oleh Diki terbuka semua matanya. Amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.
      prinsip mereka : (Roma 3:7): Kalau karena dustaku kerajaan Alah semakin berkembang, kenapa aku masih di hukumi sebagai orang berdosa.

      Hapus
  3. silahkan saja.saya tidak akan terpengaruh dengan apapun yang anda katakan.
    saya sudah banyak bertemu dg orang2 seperti anda itu.

    BalasHapus
  4. semua ada hikmahnya,bagi orang2 yang mencari kebenaran dalam
    beragama dengan adanya koment yang selalu menjelekan Islam,
    jadi timbul jawaban2 yang positip yang
    menambah pengetahuan kita,begitu rusaknya isi injil,yg justru
    memperkuat iman Islam bagi yang masih ragu,ini godaan syaitan
    didunia maya bukan pornografi saja.dan yang pasti surga itu
    mahal harus dibayar dengan ibadah yang sungguh2/benar(memenuhi
    persyaratan).kedamaian hakiki didunia itu ngga ada.begitu anak
    adam lahir dibumi sudah saling bunuh.baru nanti di akhirat
    ada 2 kelompok dengan 2 tempat yang berbeda,Surga ><
    Neraka.tinggal milih mau dimana ?

    BalasHapus
  5. Naudzubillah.. kalau Islam tidak pernah melakukan syiar dengan memakai kedok atau topeng-topeng seperti ini.. ckckckckck

    BalasHapus
  6. arimatea ..ini ada buku yg cukup berbahaya..semoga kalian tdk pernah membacanya..tolong di tindaklanjuti dan diberantas..judulnya as easy as drinking water..semudah meminum air..teroris iran bertemu yesus di malaysia..karya afshin javid..tolong saya disupport karena saya dapat buku ini semalam..dan isinya misionaris..help me please dg argumen yg bisa menguatkan iman islam ku...kalau ada yg bisa kuhubungi di solo...tolong beri saya alamat emailnya..saya butuh bantuan tenan utk mengcounter mereka

    BalasHapus
  7. musang berbulu domba.
    Jadilah licik seperti ular, dan tulus seperti merpatii.

    (Roma 3:7): Kalau karena dustaku kerajaan Alah semakin berkembang, kenapa aku masih di hukumi sebagai orang berdosa.

    umat kian sadar siapa sebenarnya kalian,

    BalasHapus
  8. Sebagai kaum muslimin saya melakukan kajian terhadap Al Quran dan perbandingan dengan kitab agama lain, dan saya temukan suatu kondisi yang luar biasa, salah satunya yakni kenapa semen milik bumn di rembang dihambat, dalam kitab tersebut sudah ada jawabannya dan masalah2 yang kini lagi terjadipun juga ada jawabannya, untuk itu maka saya bermaksud untuk dakwah, adakah mitra yang bekerjasama dengan saya?

    BalasHapus